Jawaban Pertanyaan Methodologi Penelitian 2006/2007

3 januari 2006/2007

1a.Instrumen penelitian di ilmu sosial harus diuji validitasnya sebelum dgunakan dalam penelitian karena gejala fenomena sosial itu cepat berubah dan sulit dicari kesamaannya. Instrumen dalam penelitian sosial walaupun beberapa sudah ada seperti untuk mengukur sikap, mengukur IQ, bakat dll namun istrumen2 tersebut sulit untuk dicari, dimana harus dicari, apkah bisa dibeli atau tidak. Selain itu instrumen2 dalam bidang sosial walaupun telah teruji validitas dan reliabilitasnya di suatu tempat, tetapi bila digunakan untuk mengukur di tempat tertentu belum tentu tepat dan mungkin tidak valid dan reliabel lagi. Istrumen yang tidak teruji validitas dan reliabilitasnya bila digunakan untuk penelitian akan menghasilkan data yang sulit dipercaya kebenarannya

b. Cara mengukur validitas konstruk :

  • Mencari definisi2 konsep yg dipergunakan para ahli yg ada pd
  • Bila dlm literatur tdk diperoleh konsep yg ingin diukur, pneliti hrus mendefnisikan sndiri konsep tsb.
  • Menanyakan definisi konsep yg akan diukur kpd calon responden atau org2 yg memiliki karakteristik yg sama dg responde.misalnya mengukur konsep religiusitas, peneliti lgsung dpt mennayakan kpd bbrapa calon responden ttg ciri2 religius. Berdasarkan jwbn calon rsponden kmudian disusun kerangka suatu konsep.

c.Test and retest


 

d.Sebuah alat ukur dikatakan memiliki valdiitas prediktif yang tinggi apabila terdapat korelasi yang tinggi anatara tingkah laku apa yg diramalkan oleh sebuah test dan tingkat laku sebenarnya yg ditampilkan, dg kt lain alat ukur tsb dapat memprediksi apa yg akan terjadi di masa yg akan dtg.

4. jenis pertanyaan dimana seorang responden boleh menjawab tidak tahu adalah jenis pertanyaan yg menyangkut hal2 yg sekiranya responden sudah lupa atau pertanyaan yg memerlukan jawaban dg berpikir berat. Misalnya :

- Bagaimana kinerja para penguasa indonesia 50 tahun yg lalu .?

- Menurut anda, bagaimanakah cra mengatasi krisis ekonomi saat ini ?


 

5.Tabulasi silang pendidikan berpengaruh positif thd penghasilan.

Penghasilan
pendidikan

Rendah

Sedang

Tinggi

Rendah

   

Menengah

   

Tinggi

   

Download Disini

Leave a Reply

Artikel Terbaru