Jawaban Bisnis Internasional UAS 4 Januari 2007


Jawaban Bisnis Internasional UAS 2007
4 januari 2007

Apa yg dimaksud Binter, kenapa bisnis ini beda dengan bisnis dlm negeri.
Jelaskan min 5 bentuk Binter!

Bisnis internasional (Ball, 2004): : bisnis yang kegiatan-kegiatannya melewati batas-batas negara. Tidak hanya termasuk perdagangan internasional dan perusahaan manufaktur di luar negeri, tetapi juga industri jasa yang berkembang di bidang-bidang seperti transportasi, pariwisata, periklanan, properti, perdagangan eceran, perdagangan besar, komunikasi massa, dll.

  1. Ekspor & Impor
    Ekspor: menjual produk – produk yang dibuat dinegara sendiri seseorang untuk digunakan atau dijual kembali dinegara – negara lain.cth:

    Impor: Membeli produk – produk yang dibuat dinegara lain untuk digunakan atau dijual kembali dinegara sendiri.

    Termasuk di dalamnya merchandise (tangible/berwujud) & service (intangible) exports imports.

  1. Investasi Internasional
Modal yang dipasok suatu negara kependuduk lainnya.    

Dapat dibagi menjadi menjadi dua kategori (Griffin, 2005):

  • Penanaman Modal Asing (FDI).
    Investasi yang dilakukan untuk tujuan secara aktif mengendalikan kekayaan, aset, atau perusahaan-perusahaan yang terdapat di negara tujuan.

    contoh: pembelian semua saham umum Volvo Corporation dari Swedia oleh Ford Motor Company

  • Investasi Portfolio.
    Pembelian aset-aset keuangan asing (mis. saham, obligasi, sertifikat deposito) untuk suatu tujuan di luar pengendalian.

    contoh: pembelian 1.000 lbr saham umum sony oleh suatu perusahaan dana pensiun denmark


 


 


 

Bentuk-bentuk lain:

  • Lisensi (licensing).
        Kesepakatan kontrak dimana suatu perusahaan disatu negara memberikan lisensi penggunaan hak kekayaan intelektualnya kepada suatu perusahaan dinegara keduan dengan mendapatkan pembayaran royalti.

        c/ logo mickey mouse.

  • Waralaba (franchising).
    suatu bentuk khusus lisensi, terjadi apabila suatu perusahaan disuatu negara memberikan wewenang kepada suatu perusahaan untuk menggunakan sistem pengoperasiannya dan juga nama, merk dagang, logo dengan mendapatkan pembayaran royalti.

  • Kontrak manajemen.
        Kesepakatan dimana suatu perusahaan disatu negara setuju untuk mengoperasikan fasilitas atau memberikan jasa manajemen lainnya kepada perusahaan dinegara lain dengan mendapatkan imbalan yang telah disepakati. c/lap teratas jaringan hotel internasional.

  • Kontrak manufaktur.
        Kesepakatan kontrak dimana perusahaan suatu negara memproduksi produknya dinegara lain dengan harga harga yang sesuai dinegara tersebut.


 

2. Jelaskan langkah2 dlm model pengambilan keputusan secara normative & hubungan setiap langkah dg bisnis internasional

Langkah2 dlm model pengambilan keputusan secara normative:
  • Mendapati masalah & harus segera membuat keputusan utk mengatasi masalah tsb.
  • Mengidentifikasi alternatif2 yg dpt dipakai utk mengatasi masalah ini.
  • Mengevaluasi setiap alternatif dipandang dari sudut masalah yg muncul.
  • Menyeleksi alternatif yg terbaik.
  • Alternatif yg terpilih akan diimplementasikan.
  • Tindak lanjut & evaluasi.

 

Pengambilan keputusan secara deskriptif:

  • Rasionalitas yg terbatas, pembuat keputusan terbatas kemampuannya utk bersikap objektif & rasional karena keterbatasan pikiran manusia.
  • Satisficing, manajer kadang2 memakai alternatif pertama yg langsung diterima, ketika penelitian lebih lanjut menemukan alternatif yg lebih baik.
3. Pemasaran pd perusahaan internasional dpt memilih salah satu dari tiga pendekatan dasar dlm memutuskan apakah melakukan standardisasi atau kustomisasi dlm bauran pemasaran perusahaan. Jelaskan ketiga pendekatan dasar yg dimaksud

  1. Pendekatan Etnosentris, perusahaan sekeedar memasarkan produknya di pasar internasional dengan memakai bauran pemasaran yg sama dg yg dipakai perusahaan di pasar lokal, dg demikian perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya pengembangan teknik pemasaran baru utk melayani pelanggan luar negeri. Perusahaan yg pertama kali melakukan operasi internasional menggunakan pendekatan ini krn yakin bahwa bauran pemasaran yg sukses di dlm negeri juga akan sukses di luar negeri.
  2. Pendekatan Polisentris, pemasar internasional berusaha menyesuaikan bauran pemasaran di setiap pasar yg dimasuki supaya memenuhi kebutuhan istimewa konsumen di pasar tersebut. Perusahaan internasional yg memandang dirinya sbg perusahaan multidomestik sering memakai pendekatan ini.

  3. Pendekatan Geosentris, memerlukan standardisasi bauran pemaasaran, yg mengharuskan perusahaan menyediakan produk atau jasa yg pd dasarnya ssama di pasar yg berbeda dan memakai pendekatan yg pada dasarnya sama utk menjual produk atau jasanya secaraglobal. Coca-cola termasuk salah satu perusahaan internasional pertama yg memakai pendekatan ini.


 

4. Manajer operasi bisnis internasional menghhadapi 3 isu penting & kompleks dlm mengelola operasi perusahaannya yaitu dlm bidang sumberdaya, lokasi dan logistik perusahaan. Berkenaan dg hal tsb apa yg dimaksud dg manajemen rantai pasokan & integrasi vertical dlm perolehann sumberdaya

  • Manajemen rantai pasokan (supply chain management) adalah serangkaian proses & langkah yg dipakai perusahaan utk memperoleh berbagai sumber daya yg diperlukan utk menciptakan produknya. Manajemen rantai pasokan dg jelas mempengaruhi biaya produksi, kualitas produk, & permintaan internal akan modal. Krn dampak tsb, kebanyakan perusahaan internasional menganggap manajemen rantai pasokan sbg isu strategi yg harus direnccanakan & diimplementasikan de hati2 oleh manajemen puncak.
  • Langkah pertama dlm menyusun strategi manajemen rantai pasokan adalah menentukan tingkat integritas vertikal yg sesuai, integritas vertikal adalah seberapa jauh perusahaan menyediakan sumber dayanya sendiri atau memperolehnya dari sumber lain. Perusahaan yg memiliki tingkat integrasi vertikal yg sangat tinggi terlibat dlm setiap tahap proses manajemen operasi ketika produk dikembangkan, diubah, dikemas, & dijual ke pelanggan.

 

5. Jelaskan 5 metode pembayaran penting yg umum dipakai dlm transaksi internasional.

  1. Pembayaran dimuka, adalah metode pembayaran paling aman dari perspektif eksportir, karena menerima uang dari importir sebelum mengirimkan barang yg di pesan.
  2. Open Account, adalah bentuk pembayaran paling aman dari segi importir, di mana barang dikirimkan oleh eksportir dan diterima oleh importir sebelum pembayaran
  3. Documentary collection, eksportir menyiapkan dokumen yg disebut draft atau wesel, dimana pembayaran diminta dari pembeli pd waktu yg sudah ditentukan, bank komersial bertindak sbg agen utk memudahkan proses pembayaran. Metode ini bertujuan utk menghindari aliran kas & risiko akibat penggunaan pembayaran di muka dan open account.
  4. Letter of credit, dokumen yg dikeluarkan oleh bank & berisi janji bank tsb utk membayar eksportir pd saat menerima bukti bahwa eksportir telah memenuhi semua kewajiban yg tertulis di dokumen.
  5. Countertrade, terjadi ketika perusahaan menerima sesuatu selain uang sbg pembayaran atas barang atau jasanya, meliputi: barter, imbal beli, buy-back, & offset purchase.
  6.  
    Download Disini

Leave a Reply

Artikel Terbaru